Home / Opini

Kamis, 14 Juli 2022 - 10:45 WIB

M. Saleh Adalah Pilihan Cerdas Bagi Tim Kerja Gubernur Aceh

Foto: M. Saleh (kiri), Nopri Hariadi (kanan)/Ist.

GUBRIS.COM-Beredarnya nama-nama calon tim kerja Achmad Marzuki selaku Pejabat (Pj) Gubernur Aceh memunculkan beragam perspektif. Salah satu yang menarik ialah munculnya nama Muhammad Saleh, dari unsur media massa. Kita semua sepakat bahwa media massa merupakan pilar demokrasi, itu artinya Pj gubernur paham akan pentingnya demokrasi di Aceh.

Sosok Muhammad Saleh yang sudah malang-melintang di dunia jurnalistik dan politik di Aceh bahkan nasional merupakan pilihan cerdas. Tim kerja Pj Gubernur Aceh nantinya akan mampu bersinergis dengan semua pihak. Pada akhirnya akan membantu kerja-kerja Pj Gubernur Aceh. Mengingat begitu banyaknya pekerjaan rumah (PR), sebut saja angka kemiskinan, dan tentunya pemilu 2024 yang akan datang.

Baca Juga  Social Distancing: Solusi Ampuh Mengurangi Lonjakan Kasus Covid-19

Pj butuh data dan lanskap Aceh yang sebenarnya. Melibatkan kalangan pers adalah langkah taktis yang patut diapresiasi. Pj butuh pers untuk mensosialisasikan rencana kerja, sekaligus menyerap aspirasi. Selain itu, menghindari polemik yang kontraproduktif, polemik yang hanya menghambat kinerja.

Saya kenal dengam sosok Muhammad Saleh sebagai sosok jurnalis yang kritis. Sosok yang mampu melihat dan menganalisis persoalan di masyarakat. Kemampuan itu akan sangat membantu kinerja Pj Gubernur. Bukan hanya itu, M. Saleh memiliki hubungan yang baik dengan partai lokal di Aceh.

Kedekatan M. Saleh dengan partai lokal terbukti ketika beliau pernah didaulat sebagai jubir PA. Pj Gubernur pastinya akan sering berkomunikasi dengan partai penguasa parlemen Aceh itu, dan Muhammad Saleh akan menjembatani komunikasi itu. Sinergi eksekutif dan legislatif dalam teori maupun prakstis akan melancarkan program kerja. Karenanya, pilihan Pj benar-benar pilihan cerdas menurut saya.

Baca Juga  FPRA: Kami Mendukung Komite II DPD-RI Untuk Memanggil Kementerian ESDM Terkait Bau Busuk di PT MEDCO Aceh

Pj Gubernur mampu memetakan kebutuhan dan hambatan dalam melaksanakan program kerja. Dengan demikian, Pj Gubernur akan cepat mampu melakukan tahapan menjadikan Aceh lebih baik. Aceh yang bermartabat secara ekonomi, sosial-budaya, pendidikan, dan politik. Aceh yang menjalankan amanah konstitusi, yaitu Aceh yang berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan terwujudnya masyarakat Aceh yang adil dan makmur yang diridhai Allah SWT.

 

Penulis: Nopri Hariadi (Pengurus Kahmi Kota Banda Aceh)

Editor: Redaksi gubris.com

Share :

Baca Juga

Opini

50 Hari Setelah Pelantikan, Kinerja DEMA UIN Ar-Raniry Stagnan Tanpa Progres

Opini

Pemanfaatan Letak Geografis Secara Strategis Berpotensi Majukan Perekonomian Aceh

Opini

Understanding Woman Empowerment in Today’s Digital Era

Opini

Mengulik Ranjang Kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh; Berbagi Tugas ataukah Merenggang?

Opini

Kekeliruan BPIP Dalam Memahami Serambi Untuk Aceh

Opini

Aceh, Perempuan dan Golput

Opini

Dosa PJ Gubernur di Setiap Tetes Keringat Rahmat Aulia

Opini

Pembaharuan Aparatur Negara Dalam Melancarkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Lebih Efektif dan Efisien