Home / Sains

Minggu, 24 Oktober 2021 - 23:52 WIB

2 Dosen USK Masuk Dalam Daftar Saintis Top Dunia

Foto: Data base top Saintis Dunia/Elsevier B.V.

GUBRIS.COM – BANDA ACEH. Elsevier B.V. pada Rabu, 20 Oktober 2021 secara resmi telah menerbitkan daftar saintis top dunia, di kawasan Asia Tenggara yang terdata ada 2183 saintis yang berhasil masuk dalam daftar tersebut yang mencakupi dari  7 negara

Negara Singapore tercatat ada 1129 saintis yang menjadi top dunia disusul Malaysia dengan 549 saintis dan peringkat tiga Asia Tenggara ada Thailand dengan 263 saintis, diposisi empat ada Vietnam dengan jumlah 148 saintis kemudian untuk Indonesia sendiri tercatat ada 58 saintis, untuk negara Philipinne 35 saintis dan  Laos 1 saintis yang menempati posisi terakhir.

Baca Juga  Majelis Hakim Pengadilan Negeri Meulaboh Vonis Mati Terdakwa Kasus Sabu 1,2 Ton

Dari 58 saintis dari Indonesia Universitas Syiah Kuala (USK)  sebagai universitas tertua di Aceh berhasil mencatatkan 2 orang dosennya dalam daftar saintis top dunia, yaitu Dr. dr. Harapan, dosen Fakultas Kedokteran USK yang banyak meneliti tentang penyakit infeksi khususnya tentang Covid-19 di Indonesia terkhusus Aceh dan Prof. Dr. Muchlisin Z.A., M.Sc, dosen dan Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan USK yang merupakan guru besar dalam bidang perikanan di USK yang juga merupakan President Asian Society of Ichthyologist (Persatuan ahli ikan Asia).

Baca Juga  Pandemi COVID-19, FKP USK Perkenalkan Minapadi di Aceh Besar

Saat ini kedua dosen USK ini menempati rangking 18 dan 35 secara nasional. Dengan pencapain ini menambah sederetan prestasi yang membanggkan untuk USK dan juga Aceh

Elsevier B.V. adalah salah satu penerbit terbesar dunia dan banyak menerbitkan jurnal-jurnal top dan berimpact tinggi dalam berbagai bidang. Selain itu Elsevier juga menerbitkan Scopus yaitu abstract and citation database terbesar di dunia yang banyak digunakan sebagai data dalam perangkingan universitas dan saintis dunia.

Editor: Ikhsan Drp

Share :