Home / Pendidikan

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:31 WIB

Kolaborasi MPBEN USK dan ESA USK Adakan Postgraduate Student Public Lecture

Foto: Foto bersama usai kegiatan Postgraduate Student Public Lecture/Dok. ESA USK.

GUBRIS.COM – Postgraduate Student Public Lecture dengan tema Preparing A Manuscript for International Publication merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh program studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris USK (MPBEN USK) bekerja sama dengan mahasiswa English Student Association (ESA) program pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris USK. Public Lecture ini hadir sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mahasiswa baik itu S1 dan S2 untuk memiliki kemampuan menulis manuskrip berstandar Internasional.

Public Lecture ini dilaksanakan pada Rabu, 29 Juni 2022 dengan pelaksanaan hybrid. Pelaksanaan secara luring berlangsung di Ruang Teleconference FKIP USK dan daring melalui platform zoom meeting. Acara yang dihadiri oleh 71 peserta ini mengusung tema Postgraduate Student Public Lecture, yang diusung oleh Ketua Program Pendidikan Bahasa Inggris S2 USK, Dr. Iskandar Abdul Samad. S.Pd., M.A.

Foto: Antusiasme peserta kegiatan Postgraduate Student Public Lecture

Public Lecture Preparing A Manuscript for International Publication hadir dengan harapan ilmu yang didapat peserta melalui Public Lecture ini mampu meningkatkan manuskrip-manuskrip akademik berstandar internasional yang dipublikasi oleh mahasiswa USK. Selain itu acara ini sangat penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dunia jurnalistik di era society 5.0 atau masyarakat 5.0, yang tentunya kecakapan dalam menulis dan mempublikasi tulisan merupakan hal yang sangat penting.

Baca Juga  Menag Terbitkan Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala

Acara ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga sekitar pukul 11.30 WIB dengan dibuka oleh Master of Ceremony, Mutia Wahdini, S.Pd, disusul dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an lalu kata-kata sambutan oleh Ketua Jurusan Program Pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris USK, Dr. Asnawi, S.Pd., M.Ed.

Dengan dipimpin oleh Moderator, Novi Yulinda Sari, S.Pd, Inti acara tersebut berlangsung penuh antusiasme dengan guest lecturer, Prof. Dr. Melor Md. Yunus. Beliau merupakan penerima National Higher Education e-Learning award pertama atas kontribusinya untuk kreatifitas beliau di bidang Blended Learning, Flipped Learning, dan Problem-based Learning. Saat ini Prof. Dr. Melor sedang menjalankan peran sebagai Associate Professor di Faculty of Education Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Selama acara, beliau memberikan motivasi, masukan, tips dan trik, serta arahan untuk mempublikasikan manuskrip berstandar Internasional. Tidak lupa, beliau menegaskan tentang betapa pentingnya untuk mempublikasi tulisan bagi seorang akademisi.

Baca Juga  Teori Kognitif Sosial : Walter Mischel

Acara tersebut berlangsung dengan interaktif dan menuai respon positif dari peserta yang menghadiri Public Lecture Preparing A Manuscript for International Publication tersebut. Menurut salah satu mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris yang berhadir, Muhammad Haikal, “Saya sangat termotivasi untuk mulai menulis tulisan-tulisan yang lebih baik agar bisa dipublikasikan dengan standar Internasional seperti Prof. Melor, beliau sangat menginspirasi saya, semoga setelah ini saya bisa mengikuti jejak beliau”, ungkapnya. Acara dengan guest lecturer yang sudah sering mempublikasi manuskrip berstandar Internasional tersebut terbilang cukup sukses, diharapkan dengan hadirnya acara ini mampu memberikan motivasi dan ilmu yang bermanfaat untuk semuanya.

Penulis: Dimas Putra Hadi Santosa (Anggota HUMAS ESA USK)

Editor: Redaksi gubris.com

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Teori Kognitif Sosial : Walter Mischel

Kesehatan

Social Distancing: Solusi Ampuh Mengurangi Lonjakan Kasus Covid-19

Pendidikan

Adaptasi Model Pendidikan di Era New Normal

Pendidikan

Learned Helplessness Pada Remaja Yang Mengalami Bullying