Home / News

Kamis, 25 November 2021 - 14:27 WIB

Pahlawan Asal Aceh Kini Jadi Nama Jalan di Jakarta

Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat peresmian nama Jalan Laksamana Malahayati. Dok. PPID DKI Jakarta.

GUBRIS.COM-JAKARTA. Nama pahlawan nasional asal Aceh, Laksamana Malahayati atau Keumala Hayati resmi dijadikan nama jalan di Jakarta. Gubenur Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Saya mewakili Pemerintah Aceh dan masyarakat Aceh berterima kasih kepada Pemerintah DKI Jakarta, terkhusus kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang telah menginisiasi pemberian nama jalan Pahlawan Aceh, Laksamana Malahayati,” kata Nova secara virtual dari Banda Aceh, saat peresmian nama jalan Laksamana Malahayati di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Laksamana Malahayati (1550-1615) adalah perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh, yang ikut perang dalam melawan penjajah. “Pada tahun 1585–1604, Laksamana Malahayati memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV,” kata Nova.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyebutkan peran Laksamana Malahayati dalam menghadapi penjajah patut diapresiasi, dan didedikasikan namanya. “Apalagi perjuangan yang diberikan untuk bangsa ini sangatlah luar biasa. Seorang perempuan yang pemberani dan gigih dalam memimpin peperangan,” katanya.

Baca Juga  FMSAP Adakan Pelatihan Penulisan Berita Yang Ramah Anak dan Korban

Menurutnya, perjuangan Malahayati patut dijadikan contoh, apalagi bagi generasi muda sekarang. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjuangannya. Sehingga kata Anies, namanya patut dipermanenkan di salah satu jalan Jakarta menuju Bekasi yang diperkirakan panjangnya sekitar 7,6 kilometer yang melintasi Kelurahan Pondok Kelapa, Kelurahan Duren Sawit, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit dan Kelurahan Cipinang Muara, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

“Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini tanggal 23 November 2021, nama jalan Laksamana Malahayati resmi dibuka,” ujar Anies saat meresmikan jalan tersebut.

Pergantian nama jalan ini berdasarkan Keputusan Gubernur No. 1242 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama Jalan Laksamana Malahayati menggantikan Nama Jalan Inspeksi Kalimalang Sisi Sebelah Utara. Jalan ini merupakan salah satu akses masuk dari Jakarta Timur menuju Kota/Kabupaten Bekasi atau sebaliknya. Saat ini sudah terdapat 5 plang nama Jalan Laksamana Malahayati yang terpasang pada ruas jalan dimaksud.

Baca Juga  Tahun 2022 Batas Akhir Pemerintah Aceh Pakai Tenaga Kontrak

Menurut Anies, di Jakarta bukan hanya nama Laksamana Malahayati yang telah dipermanenkan, sebelumnya ada juga sejumlah nama pahlawan asal Aceh yang sudah ditabalkan menjadi nama jalan ataupun masjid. “Seperti Masjid Cut Mutia, Masjid Cut Nyak Dien, Jalan Teuku Umar, Jalan Panglima Polem, dan Jalan Teungku Chik di Tiro,” katanya.

“Ini merupakan sebuah bentuk penghormatan yang diberikan kepada mereka, karena sudah berjuang melawan penjajah,” sambungnya.

Dalam agenda peresmian nama Jalan Malahayati di Jakarta, ikut hadir mewakili Pemerintah Aceh, Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal; mantan Gubernur Aceh, Mustafa Abubakar dan sejumlah komunitas masyarakat Aceh, baik dari Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda, Komunitas Ureung Pidie (KUPI), dan Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Pidie Jaya.

Sumber: kumparan.com/acehkini

Share :

Baca Juga

News

Elon Musk Ingin Buat Bahtera Nuh Di Mars, Ilmuan: Dia Bukan Nabi

News

Menag Minta Masyarakat Tidak Buru-Buru Hakimi Ferdinand Hutahaean

News

2 Tahun Berjalan, Pengurus IMPS Dinilai Gagal Menjalankan Amanah Organisasi

News

Khawatir Pengangguran Meningkat, Pemerintah Aceh Berupaya Pertahankan Tenaga Kontrak

News

Hasil Seleksi, 9 Kandidat Ketua EAA Berhak Memilih Ketua Umum 

News

Stand UKM BSPD Menjadi Yang Terbaik di Ajang USK ART FESTIVAL 2022

News

Berbagi Berkah Di Bulan Ramadhan, Pemuda Drien Rampak Santuni Anak Yatim

News

HMI FMIPA USK & HMI Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Gelar Kegiatan PODIUM