Home / Opini

Sabtu, 18 November 2023 - 15:08 WIB

Menggali Sejarah Konflik dan Mempertahankan Keadilan Bagi Rakyat Palestina

Foto: Anak-anak Palestina korban perang di Gaza/Aljazeera.

Opini oleh :

Dian Ayunda, S.H

Situasi dan kondisi yang sangat genting ini adalah kewajiban kita untuk memberikan suara bagi mereka yang tak terdengar untuk membangun pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya pembelaan untuk Rakyat Palestina. Masalah yang terkait dengan konflik Palestina-Israel sangat kompleksitas, melibatkan berbagai faktor, diantaranya: politik, sejarah, hak Veto dan kejatahan kemanusiaan. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi beberapa poin penting yang akan membantu kita memahami mengapa pembelaan Palestina menjadi begitu penting.

Untuk memulai perjalanan ini, kita harus melihat ke belakang dan memahami sejarah konflik ini. Konflik antara Palestina dan Israel berawal dari penempatan Zionis di tanah Palestina pada akhir abad ke-19. Ini berdampak pada masyarakat Palestina yang telah menghuni tanah tersebut selama berabad-abad. Konflik ini semakin memanas setelah pembentukan Negara Israel pada tahun 1948, yang diikuti oleh pengungsi Palestina yang terusir dari tanah mereka.

Baca Juga  Tangis Haru Keluarga Pasien

Hak asasi manusia juga merupakan poin penting yang tidak dapat diabaikan dalam pembelaan Palestina. Rakyat Palestina telah merasakan dampaknya yang menghancurkan dalam hal kebebasan berbicara, mobilitas, dan akses ke sumber daya penting seperti air dan tanah. Pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia ini termasuk pembersihan etnis, pendudukan yang ilegal, penahanan tanpa pengadilan, dan pembatasan yang tidak adil terhadap gerakan rakyat Palestina. Pembelaan Palestina adalah tentang memastikan bahwa hak-hak ini dihormati dan dilindungi.

Perlindungan internasional juga menjadi aspek krusial dalam pembelaan Palestina. Komunitas internasional memiliki peran penting dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina. Resolusi-resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa telah meminta penghentian penjajahan dan pemukiman ilegal oleh negara Israel, serta upaya restorasi hak-hak dasar rakyat Palestina. Dukungan dari negara-negara dan organisasi internasional dalam menyuarakan perlindungan internasional untuk Palestina adalah penting untuk mencapai pemulihan dan keadilan yang adil bagi rakyat Palestina.

Baca Juga  JIMI: Pj Gubernur Aceh Blunder Jika Bentuk Tim Kerja

Pembelaan Palestina bukanlah usaha untuk membenci atau meragukan eksistensi negara Israel. Sebaliknya, ia adalah panggilan untuk menghormati supremasi hukum, keadilan, dan hak asasi manusia. Ini adalah tindakan solidaritas kita, sebagai anggota dunia yang peduli, untuk memperjuangkan pemulihan damai tanah Palestina yang akan memberikan kebebasan dan kemakmuran bagi rakyatnya.

Dalam kesimpulan, penting sekali bagi kita untuk berbicara dan menjelaskan pentingnya pembelaan Palestina. Menyimpan keheningan tidak akan membantu mengatasi konflik yang berlarut-larut ini. Dengan mempelajari sejarah konflik, mempertahankan hak asasi manusia, membangun perlindungan internasional, dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral, kita dapat berperan dalam perjuangan bagi keadilan dan kebebasan rakyat Palestina.

Penulis adalah Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala 

Editor: Redaksi gubris.com

Share :

Baca Juga

Opini

Mengulik Ranjang Kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh; Berbagi Tugas ataukah Merenggang?

Kesehatan

Social Distancing: Solusi Ampuh Mengurangi Lonjakan Kasus Covid-19

Opini

Genosida di Gaza dan Tipuan Media

Opini

Pendelegasian Wewenang Secara Penuh Kepada Daerah

Opini

Dosa PJ Gubernur di Setiap Tetes Keringat Rahmat Aulia

Opini

Pemanfaatan Letak Geografis Secara Strategis Berpotensi Majukan Perekonomian Aceh

Opini

Terima Kasih Iqbal Keumala

Opini

Pembaharuan Aparatur Negara Dalam Melancarkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Lebih Efektif dan Efisien