Home / Perempuan

Sabtu, 9 April 2022 - 19:50 WIB

Kohati HMI Cabang Banda Aceh Bagikan Takjil Gratis Untuk Masyarakat

Foto: Pengurus Kohati HMI Cabang Banda Aceh bagikan takjil di salah satu jalan raya Banda Aceh/Dok. Kohati HMI Banda Aceh.

 

GUBRIS.COM, BANDA ACEH – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan yang paling dinanti umat Islam untuk berlomba-lomba menggapai ridho Allah. Selain menjalankan ibadah puasa, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunnah lainnya, seperti bersedekah. Islam sangat menganjurkan bersedekah karena pahalanya berlipat ganda. Pada bulan Ramadhan, salah satu cara bersedekah yang baik dapat kita lakukan dengan membagikan takjil kepada masyarakat.

Korps HMI Wati (KOHATI) Cabang Banda Aceh mengadakan kegiatan berbagi takjil kepada masyarakat pada tanggal 9 April 2022. Kegiatan ini dilakukan di Jalan Raya daerah Lueng Bata, Banda Aceh mulai pukul 18.00 sampai menjelang waktu berbuka. Tujuan dari berbagi takjil ini adalah untuk mengharap ridho Allah, meningkatkan rasa syukur, mempererat tali silahturahmi dalam bermasyarakat, serta menanamkan rasa peduli dan berbagi kepada orang lain. Tidak hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga akan memupuk kepedulian sosial terhadap orang-orang sekitar.

Syekh Said Muhammad Ba’asyin mengatakan bahwa “orang yang berpuasa disunnahkan berbagi sesuatu dengan orang lain untuk buka puasanya meskipun hanya sebutir kurma atau seteguk air”. Hadist Riwayat Turmudzi menyatakan bahwa “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, ia mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun”.

Baca Juga  Manchester United vs Liverpool, The Reds Unggul 4-0 di Babak Pertama

KOHATI Cabang Banda Aceh memperoleh sejumlah donasi dari berbagai pihak yang kemudian dibagikan dalam bentuk paket makanan dan minuman. Pembagian takjil di jalan dilakukan dengan membagi jobdesk kepada sejumlah pengurus, ada tim yang melakukan persiapan, ada tim yang membagikan, ada tim keamanan, dan ada tim yang mengambil dokumentasi. Takjil tersebut diserahkan langsung satu per satu kepada pengguna jalan di daerah Lueng Bata. Umi Mai Sarah, selaku penanggungjawab kegiatan ini menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sifatnya kontinyu, namun ini yang pertama. “Ini pertama kalinya kepengurusan periode ini melakukan agenda bagi takjil, tetapi targetnya akan diadakan 4 sampai 5 kali pada bulan Ramadhan ini”, ucapnya.

Berbagi adalah bentuk lain dari bersyukur, dengan berbagi dapat membuat hubungan sosial menjadi lebih baik serta menjauhkan diri dari sikap sombong dan angkuh. Dengan kegiatan ini, diharapkan KOHATI Cabang Banda Aceh semakin dekat dengan masyarakat dan dapat meningkatkan solidaritas antar sesama pengurus. Fara Fajrina, Formatur/Ketua Umum KOHATI Cabang Banda Aceh berharap kegiatan ini mendapat respond positif dari berbagai pihak.

“Kegiatan ini diharapkan melatih kebiasaan positif selama bulan Ramadhan maupun setelahnya. Melalui moment ini, kami berharap dapat menanamkan jiwa sosial pada semua pengurus KOHATI Cabang Banda Aceh dan menjadi contoh baik untuk yang lain”, ungkap Fara Fajrina.

Baca Juga  Khitah Ber-HMI

Ungkapan terima kasih dihanturkan kepada seluruh pihak yang membantu dan berdonasi pada kegiatan ini. Semoga pada kegiatan bagi takjil berikutnya jumlah yang dibagikan lebih banyak sehingga dapat menyentuh lebih banyak elemen masyarakat. Fara Fajrina mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pemberi donasi dalam kegiatan ini, semoga apa yang diberi hari ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mendapat keberkahan dari Allah. ”Semoga kegiatan ini dapat menjadi kebaikan bagi pihak pemberi, penyelenggara, dan penerima, semoga pada hari berikutnya dapat lebih benyak yang berpartisipasi, dan in syaa Allah diberkahi Allah”, ucapnya.

“Dengan melakukan hal baik ini semoga mendapatkan pahala berpuasa yang berlimpah, yaitu pahala puasa dan pahala memberi pada orang yang berpuasa”, ungkap Istiqamah, Bendahara Umum KOHATI Cabang Banda Aceh.

Memberi bukan persoalan jumlah, tapi niat baik dan istiqamah dalam menjalankan kebaikan. Semoga di bulan yang suci ini, Allah bersihkan hati kita, Allah ridhoi langkah kita, dan Allah mudahkan urusan kita. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Editor: Redaksi gubris.com

Share :

Baca Juga

Perempuan

Menang Tipis, Ulfi Zamrida Lanjutkan Tampuk Kepemimpinan KOHATI FKIP USK